Mengenal Lebih Jauh Tentang Konsensus Bitcoin

Mengenal Lebih Jauh Tentang Konsensus Bitcoin

konsensus bitcoin

Dunia uang digital memang sangat menarik untuk dipelajari, salah satunya mengenai Konsensus Bitcoin yang telah  dicapai, kemudian konsensus tersebut didistribusikan. Ada 3 konsesus penting yang sangat mempengaruhi perkembangan bitcoin sehingga membuat bitcoin begitu populer sekarang ini. Berikut ke 3 konsesus yang akan kita kupas lebih jauh :

  1. Konsensus tentang aturan
  2. Konsensus tentang sejarah transaksi
  3. Konsensus bahwa koin BTC adalah berharga

Agar lebih jelas gambaran dari ketiga konsensus bitcoin, maka mari kita urai satu persatu :

Konsensus Tentang Aturan

Konsensus Bitcoin tentang aturan yang dimaksud adalah mengenai aturan-aturan yang berkaitan dengan apa saja yang menjadikan transaksi maupun sebuah block bisa dikatakan valid. Aturan-aturan tersebut otomatis  dimasukkan ke dalam software Bitcoin Core. Jadi ketika software itu di eksekusi secara otomatis maka penggunanya tersebut juga berlaku sesuai dengan aturan-aturan tersebut.

Jika semua orang menjalankan software yang sama meskipun penggunanya adalah berbeda maka mereka secara otomatis dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Dan tentu saja, dapat menyetujui atas sesuatu hal yang terjadi di dalam jaringan.

Konsensus Tentang Sejarah Transaksi

Seperti kita ketahui bahwa seluruh transaksi akan terekam dan disimpan seluruhnya. Merujuk pada konsensus pertama tentang aturan, telah dapat diketahui mana transaksi yang valid dan yang tidak. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa konsensus tentang sejarah transaksi ini akan berkaitan dengan transaksi-transaksi valid di dalam Blockchain.

Semua transaksi yang telah terjadi akan terekam dan disimpan di dalam Blockchain dan akan menjadi bukti valid yang tidak dapat dirubah atau dimanipulasi. Dalam setiap transaksi akan dapat diketahui dari mana dan kemana koin itu beranjak. Sebenarnya konsensus tentang sejarah transaksi ini merupakan pengembangan dari konsensus tentang aturan Bitcoin. Teknis bagaimana bisa transaksi Bitcoin mampu meruntut kesejarahan transaksinya menjadi paling rumit untuk dipahami.

Konsensus Bahwa Koin BTC Adalah Berharga

Setelah kedua konsensus tersebut berjalan dengan baik maka pada akhirnya ada kesepakatan umum di dalam komunitas Bitcoin. Melihat kenyataan bahwa Bitcoin sangat berharga sehingga jika ada seseorang yang menerima sejumlah bitcoin maka penerima tersebut dapat memperdagangkannya. Semua itu bisa terjadi karena bitcoin adalah mata uang digital atau aset digital.

Hal itu dapat dilakukan, tentu saja karena Bitcoin memang mempunyai nilai. Begitupun halnya jika penerima tersebut hendak menghabiskan sejumlah bitcoin miliknya tersebut di masa depan. Ia tentu dapat menggunakan dan mentransaksikan ke mata uang lain sesuai nilai tukar bitcoin pada saat itu. Dalam cryptocurrency, aturan dan kesejarahan transaksi yang terjadi harus tunduk pada konsensus yang ada.

Bitcoin dapat diperdagangkan untuk nilai tertentu pada saat ini maupun di masa depan. Jika semua pengguna mempercayai hal itu hingga masa depan, maka tentu saja konsensus itu akan terus berlanjut. Ibaratnya, konsensus nilai bitcoin ini seperti pada sebuah kisah Tinkerbell. Pada kisah itu, Tinkerbel ada karena anda percaya kepadanya.

Ketiga konsensus Bitcoin tersebut saling terkait satu sama lain. Ketiganya menjadi sebuah bagian penting yang telah membuat Bitcoin dapat berjalan dan bekerja sebagaimana mestinya. Seperti yang kita lihat saat ini, Bitcoin menjadi sangat populer dan diburu oleh para penambang bitcoin ataupun trader.

Sumber : https://edukasibitcoin.com/3-konsensus-bitcoin-yang-perlu-dipahami/

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *